RSS

Minggu, 30 Mei 2010

Kembar Itu Twin

Dalam situs wikipedia di jelaskan bahwa Kembar adalah dua atau lebih individu yang membagi uterus yang sama dan biasanya, tapi tidak selalu, dilahirkan dalam hari yang sama. Ibu dengan kandungan yang membawa bayi kembar dengan demikian akan mengalami persalinan berganda dan biasanya masa mengandung yang lebih singkat (34 sampai 36 minggu) daripada kehamilan bayi tunggal. Karena kelahiran prematur biasanya memiliki konsekuensi kesehatan kepada bayi, kelahiran kembar seringkali ditangani secara khusus yang agak berbeda daripada kelahiran biasa.

Alhamdulillah kami adalah salah satu anak yang dilahirkan kembar, meskipun banyak perbedaan antara aku dan sodaraku, banyak orang bilang enak ya kembar? Enaknya punya duplikasi, aku merasakan pertanyaan semacam itu sering terdengar di telinga? Dan yang jelas aku jawab dengan santai tanpa basa-basi, yach namanya orang kenikmatan itu bisa diliat dari sudut pandang orang lain. Iya kan?

Memangnya kami kembar selalu enak dan merasakan kenikmatan saat bersama dengan saudaraku, yang jelas ada enaknya dan ada nggak enaknya. Kalau enaknya pasti anda kan berfikir “enak ya... kalo sekolah, kalo kuliah bisa gantian kelas”. Itu masih belum seberapa, aku dan sodaraku aja sering tukeran cowok, he...he...he... (just kidding). Hmmm ntar lo anda tanya apa nggak enaknya jadi anak kembar, nggak akan q tulis di blogku ini. Anggep aja enak semua ya kan kawan?

Ada macemnya lho kembar itu! Bukanya sok tau tapi ini berdasarkan buku yang ada bahwa kember itu ada dua macem

Pertama : Kembar dizigotik atau fraternal (DZ), bingung ya bahasanya tapi di wikipedia tulisanya kayak gitu tinggal copy-paste aja. Jadi Kembar dizigotik itu dikenal sebagai "kembar non-identik". terjadi karena zigot-zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda. Tau kan sel telur masak harus saya jelaskan kalo nggak tau ini coba diklik. Nah dalam dinding rahim terdapat lebih dari satu sel telur terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. Pada manusia, proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot. Ya kayak gitu wes maksutnya yang peting dalam rahim ada lebih dari satu sel telur yang dibuahi oleh sel sperma.

Menurut pengetahuanku sich kembar DZ diwariskan kepada keturunannya (bersifat genetik), namun hanya keturunan perempuan yang mampu menunjukkannya karena hanya perempuan yang dapat mengatur pengeluaran sel telur.

Kedua : Kembar monozigotik atau identik (MZ) terjadi ketika sel telur tunggal terbuahi dan membentuk satu zigot (monozigotik). Dalam perkembangannya, zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda. Kedua embrio berkembang menjadi janin. Heheh bingung ya... yang jelasnya Amnion yang sama dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan. Contohnya, tali pusar dari kembar monoamniotik dapat terbelit sehingga mengurangi atau mengganggu penyaluran darah ke janin yang berkembang.


Kembar MZ selalu berkelamin sama dan secara genetik adalah sama (klon) kecuali bila terjadi mutasi pada perkembangan salah satu individu. Tingkat kemiripan kembar ini sangat tinggi, dengan perbedaan kadang-kadang terjadi berupa keserupaan cerminan. Perbedaan terjadi pada hal detail, seperti sidik jari. Bila individu beranjak dewasa, tingkat kemiripan biasanya berkurang karena pengalaman pribadi atau gaya hidup yang berbeda. Penelitian dari Fraga et al. (2005)

Hingga sekarang ilmuwan belum bersepakat mengenai adanya pengaruh genetik untuk kejadian kembar MZ. Tetapi diketahui terdapat beberapa tempat di dunia yang memiliki frekuensi kembar MZ yang lebih tinggi daripada tempat lainnya. Ilmuan saja gak sepakat apalagi aku yang kembar yang jelas juga nggak sepakat.

Sekarang aku mo tanya? Aku termasuk kembar yang mana ya? DZ atau MZ?.

Bodho amat! Dari pada mikirin kayak gitu mending mikirin kapan aku bisa jadi orang kembar yang sukses biar dunia tau kalo Faiz dan Ila itu berguna bagi bangsa dan negara. Hahahahha salam untuk para kembar seIndonesia biar semakin cinta dengan Indonesia.

Sumber : wikipedia-kembar

1 komentar:

Dieny Spencer mengatakan...

kykx mb Faiz dg mb Ila msk kembar monozigotik atau identik deh, liat ja wjhx mirip banget.

Posting Komentar